Headlines News :
Home » , » Strategi agar Lancar Mencicil KPR

Strategi agar Lancar Mencicil KPR

Written By The Messenger on Senin, 14 Maret 2016 | 03.21.00


JAKARTA - KPR yang diajukan setiap nasabah untuk memiliki rumah tinggal yang layak huni dapat dilakukan pembayarannya secara berkala dalam periode tertentu, merupakan salah satu keuntungan yang didapatkan.
Untuk mendapatkan KPR tentu harus melalui persyaratan dan ketentuan yang ditentukan dan melalui proses pengajuan terlebih dulu. Setelah pengajuan KPRdisetujui maka rumah yang diimpikan oleh nasabah sudah terwujud dan siap untuk dihuni.
Setelah mendapatkan rumah yang diharapkan, maka tugas nasabah yang mengajukan adalah membayar cicilannya setiap bulan selama periode yang telah ditentukan menjadi sebuah kewajiban.
Apabila dalam proses pembayaran cicilan KPR nasabah mengalami kendala dalam mencicil akan ada sesuatu hal, disarankan untuk segera mencari pinjaman uanguntuk menutupi cicilan tersebut. Ini dikarenakan keterlambatan akan merusak citra riwayat kredit yang dilakukan yang tercatat di Bank Indonesia.
Oleh karena itulah lebih baik mengutang dengan teman atau saudara daripada harus berhutang mencicil KPR. Agar nasabah yang akan atau sedang dalam proses pencicilan KPR mengetahui apa saja kendala yang dihadapi, berikut beberapa diantaranya, seperti dikutip dari Cermati.com.
• Kendala karena kebutuhan untuk biaya sekolah anak, sehingga anggaran yang sudah ditetapkan jadi terpakai.
• Kendala karena Pemutusan hubungan Kerja, umumnya jika mengalami hal ini selama nasabah yang mendapat KPR masih dalam usia produktif akan dapat mengatasi masalah keuangannya dengan mendapatkan pekerjaan lain yang lebih baik.
• Kendala karena sedang sakit sehingga anggaran yang ada, bahkan yang sudah dipersiapkan untuk membayar cicilan digunakan untuk berobat terlebih dulu.
• Kendala anggaran yang sedang mempersiapkan dana pensiun, sehingga cenderung lebih banyak anggaran yang dipostingkan untuk pensiun. Untuk masa tenor cicilan lima belas tahun hingga dua puluh tahun memang tidaklah sebentar, maka wajar bila dirasakan berat dalam menjalaninya.
Beberapa kendala tersebut umumnya dirasakan oleh para nasabah yang sedang dalam proses mencicil KPR sehingga sudah sewajarnya nasabah mengantisipasi agar bila terjadi hal seperti yang disebutkan sudah ada persiapan yang disiapkan sejak dini. Tidak sedikit nasabah yang mengalami hal tersebut banyak yang mengambil pinjaman dari bank untuk tetap membayarkan cicilan KPR.
Namun secara tidak langsung sebenarnya cara tersebut tidaklah memberikan solusi permanen,tetapi hanyalah sementara. Justru sebagian besar orang menggunakan cara tersebut malah membuat masalah baru yaitu hutangnya yang bertambah.
Oleh karena itu sebagai nasabah yang cerdas dan cermat dalam mengelola keuangannya, disarankan untuk mempersiapkan beberapa langkah antisipasi seperti berikut agar tetap lancar dalam mencicil KPR antara lain.
Selalu Membayar Cicilan Tepat Waktu
Dengan selalu bersikap disiplin dalam beraktifitas dan khususnya dalam membayar cicilan KPR tepat pada waktunya,misalnya dengan cara membayar secara auto debet melalui rekening tabungan sehingga nasabah tidak akan mengalami kendala lupa pembayaran cicilan KPR dan masih banyak lagi kendala sejenisnya.
Mengelola Keuangan Dengan Baik dan Bijak
Dalam menganggarkan keuangan setiap bulannya nasabah wajib untuk mempersiapkan anggaran yang dikhususkan untuk membayar cicilan KPR. Selain itu nasabah juga harus mematuhi segala anggaran yang sudah ditetapkan.
Mempersiapkan Dana untuk Keadaan Darurat
Anggaran dana darurat ini digunakan ketika nasabah dalam kondisi darurat dalam kondisi keuangannya. Sehingga dana darurat ini dapat dipergunakan dalam kondisi darurat tersebut. Selain itu sebaiknya mempersiapkan dana darurat adalah enam kali lipat dari jumlah pengeluaran yang dianggarkan setiap bulannya.
Gunakan Fasilitas yang Diberikan KPR
Dalam membayar cicilan KPR umumnya akan ditawarkan asuransi untuk mengantisipasi segala kondisi yang tidak pernah diharapkan sama sekali. Sebagai contoh asuransi kecelakaan cacat tetap kematian, hingga asuransi kerugian bila terjadi kebakaran terhadap rumah yang sedang dicicil tersebut.
Tingkatkan Kemampuan Cicilan KPR
Meningkatkan kemampuan cicilan dapat membantu agar KPR lebih cepat penyelesaiannya. Misalnya nasabah mendapatkan tunjangan dalam pekerjaannya, atau misalnya mendapatkan bonus yang dapat digunakan untuk meningkatkan cicilan agar cepat selesai KPR yang sudah diambilnya.
Langkah Antisipasi
Dengan mengetahui dan memahami kendala apa saja yang akan dihadapi dalam menyelesaikan KPR serta bagaimana langkah-langkah mengantisipasinya, diharapkan dapat memudahkan Anda dalam menyelesaikan KPR yang sudah diambilnya.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. newsdetikterakhir - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger